Wisata Pantai Ngobaran Kota Yogyakarta

Wisata Pantai Ngobaran Jogja – Menikmati suasana perkotaan dan mengunjungi pusat perbelanjaan mungkin bisa buat kamu merasa happy. Namun terlalu sering shopping tentu saja akan berakibat buruk pada pengeluaran setiap bulannya. Perlu adanya satu perubahan destinasi wisata agar pikiran dan tubuh kamu tetap merasa fresh. Lalu bagaimana cara mendapatkan tempat wisata menarik dan unik agar liburan kamu terasa menyenangkan? 

Satu pantai di Yogyakarta dengan nuansa unik dimana terdapat pura dan candi bisa kamu datangi bersama teman-teman atau pasangan. Menikmati wisata pantai Ngobaran Jogja akan memberikan satu pengalaman menarik dan tidak terlupakan karena sensasinya akan sangat berbeda dengan berbelanja di mall. Sebelum kamu menikmati tempat wisata pantai Ngobaran Jogja, sebaiknya kenali dulu asal usul dan ulasan mengenai satu pantai indah di Jogja ini. 

Berikut Review Pantai Ngobaran Jogja

Deskripsi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan satu destinasi alam indah berlokasi di bukit kapur Gunung Kidul, Yogyakarta. Keberadaan pantai Ngobaran semakin tenar karena program pemerintah DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang mencanangkan daerah pantai sebagai tempat wisata utama bagi pelancong. Ada satu julukan dari pantai ini yakni Bali of Java dimana terdapat pura dan candi sebagai ciri khas Pulau Bali. 

Tidak seperti pantai lainnya, kondisi daratan pantai Ngobaran didominasi oleh batu karang berlubang dan sedikit pasir. Namun ada satu bagian lainnya di pantai ini yang bisa kamu eksplorasi lagi yakni tebing di sebelah barat pantai, dan bagian pantai berpasir berada di sebelahnya. 

Ternyata ada satu kisah sejarah dari tempat wisata pantai Ngobaran Jogja ini dimana patung dengan nuansa Hindu merupakan sosok prabu Brawijaya V yang menurut cerita membakar dirinya sendiri agar terhindar dari kejaran Raden Fatah.
Wisata Pantai Ngobaran Jogja
Pantai Ngobaran

Rute Pantai Ngobaran

Lokasi dari pantai Ngobaran tepatnya berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari kota Jogja, total jaraknya mencapai 65 km dan mampu ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Rutenya dari kota Jogja cukup mudah, dari BRI Patuk kemudian ambil arah ke Pertigaan Gading lalu ambil kanan atau ke selatan nantinya kamu akan melewati daerah bernama Playen, Paliyan, Trowono, Saptosari, dan sampai ke pantai Ngobaran.

Jam Operasional

Tidak berbeda jauh dengan pantai-pantai lainnya di daerah Yogyakarta, untuk Pantai Ngobaran dibuka selama 24 jam namun loket pembayaran hanya buka sampai pukul 17.00. Jadi kamu setidaknya datang di pagi hari atau sore untuk melihat keindahan sunset dan sunrise. Harga tiket masuk pantai sekitar Rp 5.000 dan tiket parkir kendaraan roda dua dibanderol Rp 3.000 sedangkan roda empat dibanderol sebesar RP 5.000.


Fasilitas Pantai Ngobaran

Objek pantai Ngobaran memang masih belum lengkap seperti yang lain. Namun ada hotel bintang 3 di pantai Ngobaran, kamu bisa menginap selama satu hari satu malam dengan harga murah. Meskipun masih minim fasilitas penginapan, kamu masih bisa melihat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, gazebo, dan tempat ibadah. Tidak hanya itu, kedai makanan disekitar pantai juga bisa kamu datangi dan siap menyantap hidangan menarik.
Wisata Pantai Ngobaran Jogja
Pantai Ngobaran

Tips Berwisata di Pantai Ngobaran

Ada beberapa tips pada saat Anda berwisata di pantai Ngobaran diantaranya:
  • Jika keadaan air laut sedang pasang, kamu harus berhati-hati karena kondisi tepi pantai yang terdiri dari tebing curam.
  • Sebaiknya jangan langsung turun ke tepi pantai di sebelag selatan pura dimana kondisi tepi pantainya terdiri dari batu karang, jika ingin bermain air dan pasir cobalah ke tepi pantai sebelah barat. 

Tempat wisata pantai Ngobaran Jogja kini sudah banyak dikenal para pelancong dari dalam maupun luar kota. Jika kamu ingin berlibur dengan menikmati suasana pantai cobalah untuk berkunjung ke pantai Ngobaran. Satu tempat wisata pantai Ngobaran Jogja yang pasti memberikan kenyamanan dan keindahan alam kota Jogja. Kunjungi pantai Ngobaran pada saat hari kerja atau sebisa mungkin hindari hari libur untuk menghindari keramaian. 

Jangan Cuma berkunjung ke lokasi wisata pantai Ngobaran Jogja saja, ada beberapa destinasi wisata pantai lain atau jenis objek wisata lainnya yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Eksplorasi semua destinasi wisata di kota gudeg ini untuk memenuhi kebutuhan liburan kamu.

0 Response to "Wisata Pantai Ngobaran Kota Yogyakarta"